Rabu, 17 Desember 2014

Sungai Hitam, Samboja Kalimantan Timur


Pasti semua masih asing dengan tempat wisata yang satu ini yaitu susur sungai hitam yang terletak di kecamatan samboja kabupaten kutai kartanegara kalimantan timur, karena issue yang saya dapat susur sungai hitam ini lumayan terkenal di kalangan mancanegara karena salah satu fasilitas yang ada seperti toilet merupakan donasi dari wisatawan asal Germany jadi sayang sekali kita pribumi East Borneo tidak mengetahui tempat yang satu ini. tapi pertama saya dengar tempat wisata ini yakni dari dosen saya berhubung dengan mata kuliah Ekowisata, management obyek daya Tarik wisata dan juga marketing kami berencana melakukan perjalanan dari samarinda ke samboja hanya memakan waktu sekitar 2jam sampai di km38. dari samarinda sendiri belok kiri untuk sampai ketempat susur sungai hitam ini hanya sekitar 1jam dari km38.
sungai hitam ( sungai kuala samboja ) merupakan salah satu hutan yang berada di luar kawasan konservasi habitat asli dari BEKANTAN ( Nasalis Larvatus ) nama lain nya monyet belanda dan bengkatan ( Brunei ), kenapa di bilang sungai hitam karena hanya pada waktu tertentu air sungai tersebut berwarna hitam yang berasal dari tumbuhan gambut , nipah dan dedaunan yang mebusuk dipingiran sungai.
pemandangan sungai hitam sekitar jm set5
di susur sungai hitam ini kita bisa melihat secara langsung BEKANTAN yang merupakan hewan endemik dari kalimantan itu sendiri. untuk menyusur sungai ini kita bisa menyewa kapal nelayan hanya dengan biaya Rp25.000/orang, max hanya bisa menampung 10 orang/kapal. akan tetapi menyusur sungai hitam ini hanya bisa di lakukan pada sore hari karena BEKANTAN ini akan muncul pada waktu menjelang senja.
sungai hitam ( sungai kuala samboja ) di tumbuhi dengan pohon nipah dan ada juga pohon manggrove, sungai kuala samboja yang menampung aliran sungai dari beberapa kelurahan, dari kelurahan margomulyo, kelurahan sungai merdeka, kelurahan karya merdeka dan juga beberapa kelurahan lain nya. di susur sungai ini tidak hanya BEKANTAN yang ada, ada beberapa hewan seperti berang-berang, biawak, bidawang, bahkan ular, dan juga burung elang ada juga jenis burung lainnya.

pemandangan pada senja sekitar jam set7

so amazingggg.......

warga sekitar yang lagi sibuk mandi

aktifitas bapak nelayan lagi memperbaiki perahu

sungai yang dijadikan anak-anak sekitar berenang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar