Senin, 08 Desember 2014

KWPLH, Balikpapan Kalimantan Timur

ROMBONGAN POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
Beruang Madu atau dengan nama latin Helarctos Malayus fauna yang merupakan maskot dari kota Balikpapan yang di lindungi bahkan Beruang Madu ini terancam punah karena kehilangan habitat aslinya (akibat kebakaran hutan, penebangan kayu, dan pembukaan ladang / perkebunan) di buru dan dijual secara ilegal. jika kalian ingin lebih mengetahui tentang Beruang Madu dan melihat asli beruang madu kalian bisa berkunjung di tempat wisata yaitu KWPLH ( Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup ) yang merupakan tempat konservasi Beruang Madu, Balikpapan yang terletak di Jl. Soekarno-Hatta Km. 23 No. 185 RT. 42, Kelurahan Karang Joang, 76127, Indonesia. kawasan ini di bangun di areal seluas 1,3 hectare di kawasan tersebut hanya ada 6 ekor beruang. KWPLH ini juga di rancang sedemikian rupa agar serupa dengan habitat asli nya, untuk mendapatkan makanan yang diberika oleh petugas beruang madu ini harus mencari disekitar area yang di simpan di tempat tertentu, jika kalian ingin melihat proses pemberian makan beruang madu kalian bisa berkunjung sekitar jam 09 atau jam 03 sore  karena petugas memberikan makan hanya di jam tertentu meskipun secara umum kawasan ini di buka dari jam 08.00-17.00 sore
jika kita ingin melihat aksi ke6 beruang madu tersebut kita bisa menyusur jembatan yang panjang nya sekitar 700-800 meter hanya dengan waktu 20 menit dari ujung ke ujung jembatan.
dan ternyata di sini bukan hanya bisa melihat beruang madu, terdapat juga taman bunga yang dilengkapi gemericik air, ruang terbuka hijau ( RTH ), areal bermain, rumah kucing, pusat infomasi beruang madu dan jika kita ingin duduk bersantai ada juga gazebo-gazebo yang tersedia dan semua itu FREE tidak di punggut biaya.

makanan utama BERUANG MADU di kalimantan
pusat informasi BERUANG MADU
aktivitas beruang madu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar